Ide dan Oleh-oleh UWRF

The Writer's Room

Empat hari sudah UWRF 2015 berlalu. Dan saya yang awalnya berjanji akan belajar mendisiplinkan diri dengan setengah jam setiap hari menulis pun tidak juga mengubah pola lama. Sifat malas yang mengungkung, padahal setiap hari saya selalu bekerja di hadapan laptop.

Dalam salah satu panelnya UWRF Program The Writer’s Room, mas Gunawan Tri Atmodjo, berbagi cerita bahwa untuk menulis ia tidak perlu pergi jauh, malah menggunakan meja kantornya dalam menciptakan karya-karyanya. Karena dalam keseharian, dia banyak menghabiskan waktu di kantor, maka kantorlah tempat ia berkisah. Sebagai editor di salah satu penerbit, Gunawan tak lepas dari rutinitas kantor. Bisa dibilang menulis di kantor merupakan bentuk “pelariannya.” Jika sudah tak ada lagi ide atau tak ada yang akan ditulisnya, ia biarkan tulisannya rehat sejenak atau pergi berjalan.

Lain lagi dengan Deddy Arsha. Jika banyak penulis muda menjadikan coffee shop untuk tempat menjemput atau menuangkan ide, penulis Odong-Odong Fort de Kock ini membuat rumahnya sebagai pintu utama dalam menulis puisi-puisinya. Selepas subuh adalah waktu terbaik, ditemani suara-suara alam yang masih asri di kampungnya, meski di sisi lain, subuh juga menjadi waktu sibuk nan bising karena di saat-saat itulah anak-anak mulai bergegas untuk berangkat sekolah.

Sekarang, UWRF 2015 telah berlalu, tinggal saya yang berjuang keras membuat blog ini tetap panas dan mengepul secara konsisten. Ibarat dapur, semoga panas dan kepulannya membuat batin saya kenyang. Dan semoga lagi, saya bisa membuat foto-foto lain untuk dituliskan dalam blog ini, setidaknya sebagai oleh-oleh UWRF 2015. Overall, it’s not about idea, it’s about making ideas happen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s