Kematian dan Ke-random-annya

Menurut kamu, kematian itu termasuk hal random gak? Menurut saya iya. Random. Banget. Imam Ghazali bilang bahwa hal yang paling dekat dengan kita adalah kematian. Hah? Paling deket? Gila ya, kita gak bisa liat seperti apa sosok dia tapi dia begitu dekat? Kalo di tubuh kita, yang paling deket bisa urat nadi, bisa hidung yang kapan saja dapat kita raba atau kita lihat, bisa jari manis yang ada cincinnya (fyi, jari manis saya belum punya cincin *uhuk*), atau sesuatu yang abstrak: anggaplah hati, karena kita bisa merasakan kebahagiaan atau kesedihan di situ. Tapi ini kematian, pesan apa yang sebenarnya akan disampaikan oleh Imam Ghazali? *tiba-tiba merinding*

Apapun Agama atau kepercayaan kita, yang namanya kematian pasti akan terjadi. Eh ada pula hidup setelah kematian ya, di salah satu Agama disebut Reinkarnasi. Saya gak mau nyinggung jauh gitu ah, selain gak paham juga.

Well, jika saja Allah SWT tidak menyebutkan Surga atau Neraka dalam Kitab Suci-Nya, mungkinkah kematian akan menjadi momok yang menakutkan? Mungkinkah dunia ini masih banyak tawa atau sebaliknya banyak bom? Mungkin gak kalo kematian itu seandainya gak ada, apa yang bakal kejadian ya? Orang-orang tua makin renta tapi gak mati; panti jompo makin merajalela; bumi penuh sesak dengan populasi yang terus-menerus; jomblo tak akan terdata; persaingan akan semakin mencekam, ih serem juga ya akhirnya. Maka Allah itu Maha Tahu dan Maha Pengambil Keputusan. Kematian tetap lebih baik dari pada kehidupan tanpa kematian. Yang harus gw dan kita lakuin adalah memperbaiki diri agar di kehidupan kelak setelah kematian itu, kita berada di tempat yang baik.

Ini bukan khotbah Ramadhan dari saya, cuma sekadar sharing tentang hal-hal random berhubung temanya #36DaysRandomWriting. Belum telat juga kan ya saya ngucapin maap lahir batin. Oh iya, udah count down mau lebaran kan, udah beli baju lebaran belom? Fyi (lagi) tahun ini saya ditraktir baju lebaran sama adik saya, heuheuheu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s