Cerminan Terbalik

Ketika langit mendung, jangan buru-buru menjatuhkan vonis akan segera hujan. Bisa saja Dia akan membelokkan arah hujan ke seberang sana, tanpa melewatimu, tanpa membasahimu. Mungkin juga sebagai tanda bahwa saat itu Dia-pun sedang bersedih (mungkin) dikarenakan ulah mu yang sering melupakan-Nya, oh tidak juga karena bukan Dia yang butuh kita, kitalah yang membutuhkan-Nya.

Begitupun ketika ulat semakin bersemi di ranumnya jambu bijimu, jangan cepat-cepat menyatakan itu tak layak kau makan. Mungkin ulat-ulat itu memilih jambu bijimu karena di situlah kau akan “menemukan” nya karena kaulah yang telah dipilihnya untuk diperlihatkan senyum manisnya. Bahkan mungkin jambu bijimu kelewat manis sehingga ulat itu telah memilihnya sebagai tempat memadu kasih menjalin cinta. Dan bahkan jambu bijimu yang disemai ulat itu adalah lebih sehat karena tak ada zat kimia yang merasukinya.

Seperti daun yang jatuh berguguran, bukan pula pertanda enggan menyapa pagimu melalui butiran-butiran embunnya. Bisa saja dia jatuh karena dibutuhkan oleh bunga di bawahnya sebagai pupuk, sehingga daun jatuh itu lebih berarti, bukan? Atau alasannya jatuh adalah untuk mempersilahkan keturunannya yang lebih muda untuk hidup demi membahagikanmu di setiap pagi dengan butiran embun yang lebih sejuk di daun yang lebih muda.

Pun di saat kita terjatuh, jangan buru-buru nyatakan diri telah gagal. Harapan itu selalu ada sepanjang kau ada dan “nyata”. Ibuku pernah bilang dua puluh satu tahun yang lalu ketika aku terjatuh di saat belajar bersepeda dan berkata: “jangan menangis, Sayang. Jatuhmu adalah obatmu yang akan membuat kau tumbuh besar dan dewasa. Berhentilah menangis, ayo ambil sepedamu dan belajarlah terus.”

One thought on “Cerminan Terbalik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s